Jumlah Pasar Tradisional tak Memadai


Kementerian Koperasi dan UKM menilai kebutuhan pasar tradisional di berbagai wilayah masih sangat besar meski jumlahnya telah mencapai  13.450 unit karena persentase layanannya kepada masyarakat belum berimbang.

Neddy Rafinaldy Halim, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaraingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan di Indonesia sekitar 1 juta penduduknya masih dilayani oleh 52 pasar. Di negara lain persentasenya jauh lebih baik.

“Di Malaysia misalnya, sekitar 1 juta penduduknya dilayani oleh 150 pasar, yang berarti satu unit melayani sekitar 6.667 penduduk. Di Indonesia satu pasar melayani sebanyak 19.231 penduduk,” ujarnya kepada Bisnis hari ini.

Perbandingan tersebut menegaskan kebutuhan pasar tradisional pada 502 kabupaten/kota di Indonesia perlu terus dilakukan. Sebab, lokasi pasar yang telah berdiri tercatat hanya di 160 kabupaten.

Neddy menambahkan instansinya-melalui pemberdayaan koperasi sebagai pelaksana pembangunan-baru mampu membangun sekitar 250-an pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Menurut dia, kemampuan APBN Kementerian Koperasi dan UKM merealisasi pembangunan pasar tradisional terbatas. Pada tahun ini jumlah yang akan dibangun tidak lebih dari 10 unit. Namun dia bangga, karena pada setiap pembangunan, pengelolaannya dipercayakan kepada koperasi setempat.

Alokasi anggaran untuk pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional maksimal Rp1 miliar, dan bahkan ada yang hanya sekitar Rp800 juta, karena disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Sebab, pasar dibangun minimal dilengkapi 25-40 unit kios berukuran 3 x 3 meter persegi.

“Selain itu dilengkapi fasilitas dua unit los dengan minimal ukuran 10 x 20 meter dan maksimal 12,5 x 25 meter,” tutur Neddy.




Sumber : bisnis.com

Sumber gambar : ekonomgila.blogspot.com

Leave a Comment

    Twitter JPMI

Komentar Terbaru

  • erik kusumah: Boleh minta alamat dan no tlp ksu keju boyolali ga?...
  • koko: Maaf, apakah saya bisa minta materi mengenai aspek perpajakan di bidang Perdagangan? Terim...
  • Cinung Ca: Ini brp hrganya...
  • Milkanknit: Perkembangan teknologi ternyata juga bermanfaat untuk inovasi kerajinan terutama kerajinan...
  • Milkanknit: Ternyata ditangan-tangan yang terampil berbagai macam kerajinan dan pakaian....