Pemerintah kembangkan Desa Pesisir


Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor untuk melaksanakan Program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) terutama dalam penelitian.

Menteri Keluatan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo mengatakan program itu akan membangkitkan semangat baru bagi kemajuan desa pesisir di Indonesia.

“Penguatan ketahanan masyarakat peisisir secara sosial, ekonomi, dan lingkungan menjadi salah satu prioritas KKP,” ujarnya saat ┬ámenandatangani Kerja Sama KKP-IPB dalam mengembangkan PDPT hari ini.

Data KPP mencatat angka kemiskinan 2010 sebanyak 7,8 juta jiwa tersebar di 10.639 desa pesisir, kerusakan sumber daya pesisir masih tinggi, masih kurangnya kemandirian organisasi sosial desa, infrastruktur desa pesisir dan kesehatan lingkungan permukiman masih rendah.

Menurutnya, 4.000 desa pesisir dari total 10.639 telah mendapatkan sentuhan bantuan pembangunan dari kementerian itu.

Oleh karena itu, masih ada 6.639 desa pesisir yang belum terjangkau program dan kegiatan pembangunan wilayah pesisir.

“Program PDPT merupakan komitmen pemerintah dalam mengurangi risiko masyarakat dari bencana alam, sekaligus bagian dari komponen utama mendukung kebijakan industrialisasi kelautan dan perikanan berkelanjutan.”

Intervensi KKP melalui PDPT untuk menata dan meningkatkan kehidupan desa pesisir.

Menurutnya, Desa Pesisir Tangguh akan terwujud jika ada intergritas program dan kegiatan lintas sektor yang dilakukan pusat, daerah, perguruan tinggi, ormas, dunia usaha serta stakeholders kelautan dan perikanan.

Kerja sama KKP dengan IPB akan berjalan selama 5 tahun dengan cakupan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengabdian pada masyarakat, peningkatan kualitas SDM, serta pemanfaatan sarana dan prasarana.

Program PDPT akan diberikan kepada 162 desa pesisir dengan tiga desa per kabupaten pada 54 kabupaten dan kota terpilih dari total 6.639 desa pesisir.



Sumber : bisnis.com

Sumber gambar : pelitaonline.com

Leave a Comment

    Twitter JPMI

Komentar Terbaru

  • Admin: Assalamualaikum Wr Wb Bapak bisa mengunjungi situs http://www.kopirolling.web.id/products...
  • Admin: Ibu bisa mengunjungi website http://omahpermen.blogspot.com/...
  • Admin: Alamatnya Dukuh Karangjati RT 04/RW V, Karanggeneng, Boyolali....
  • Admin: Amin......
  • Agung: Semoga cita2 besar Kang Yosa tercapai. Semoga jahe merah ini menjadi identitas untuk Kabup...