Rumah Potong Hewan Yang Penuhi Standard Hanya 3%


Jumlah rumah potong hewan (RPH) yang sudah memenuhi standard untuk pemenuhan daging sapi yang aman, sehat, utuh, dan halal, untuk kebutuhan masyarakat maupun industri olahan hanya 25 unit atau hanya 3% dari total 800 rumah pemotongan hewan di dalam negeri.

Ketua II Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Rochadi Tawaf mengatakan dari jumlah rumah potong yang sudah terstandardisasi itu, hanya 11 unit diantaranya yang telah diakui oleh auditor internasional, sehingga dapat melakukan pemotongan sapi ex-impor asal Australia.

Dia mencontohkan RPH yang berada di wilayah Jabodetabek yang sudah memenuhi standard internasional tersebut.

“Dari revitalisasi sebanyak 150 RPH, yang baru direalisasikan baru 11 unit saja. Kalau RPH yang ada tidak standard, misalnya minim air minum bagi ternak, daging yang dihasilkan pun akan menjadi rusak.

Lalu, bagaimana kita bisa berbicara bisnis daging,” ujarnya saat diskusi dalam acara Indo Livestock 2012 hari ini, Jumat (6/7/2012).

Menurutnya, sedikitnya RPH yang sesuai standard di lokasi sentra peternakan akan menjadi masalah baru bagi pemenuhan kebutuhan daging secara nasional.

Pasok daging sapi lokal ke daerah konsumen akan menjadi tersendat lantaran pengusaha tidak langsung membeli daging dan harus mengangkut sapi ke tempat lain yang memiliki RPH berstandard internasional.

Dia menuturkan kualitas daging sapi dipengaruhi oleh psikologis sapi mulai dari pemeliharaan, pengemukan, pengangkutan hingga pemotongan.

Selain itu, RPH yang didirikan pemerintah hanya dimanfaatkan sebagai wadah penyediaan jasa potong. Menurut Rochadi, sejatinya RPH juga dapat difungsikan sebagai pusat perdagangan daging sapi. Dengan demikian, gejolak harga daging sapi dapat diredam langsung oleh pemerintah melalui fungsi penyangga (buffer stock) yang dikelola oleh rumah potong hewan tersebut.

 

 

Sumber : bisnis.com

Sumber : kebumen.aribicara.com

Leave a Comment

    Twitter JPMI

Komentar Terbaru

  • Admin: Assalamualaikum Wr Wb Bapak bisa mengunjungi situs http://www.kopirolling.web.id/products...
  • Admin: Ibu bisa mengunjungi website http://omahpermen.blogspot.com/...
  • Admin: Alamatnya Dukuh Karangjati RT 04/RW V, Karanggeneng, Boyolali....
  • Admin: Amin......
  • Agung: Semoga cita2 besar Kang Yosa tercapai. Semoga jahe merah ini menjadi identitas untuk Kabup...