Resto Sumiyakiya di Jepang Raih Sukses Berkat Sertifikat Halal


sumiyakiyaWisata kuliner menjadi aktivitas seru yang dilakukan saat bepergian. Juga oleh wisatawan muslim yang mengunjungi Jepang. Namun terbatasnya jumlah restoran halal menjadi kendala. Meski harus melewati sederetan proses, namun sertifikat halal menguntungkan para pengusaha kuliner.

Hal tersebut dirasakan oleh Ahmad Khuzaimi Abdul Rashid, turis asal Malaysia yang mengunjungi restoran Sumiyakiya di kawasan Nishiazabu. “Jika bukan di restoran seperti ini, saya akan pergi ke restoran vegetarian,” kata Ahmad. Di Sumiyakiya, aneka menu khas Jepang seperti yakiniku memiliki cita rasa lokal, namun berlabel halal dan tidak mengandung komposisi yang dilarang dalam syariat Islam.

Peningkatan jumlah pengunjung sangat dirasakan restoran Sumiyakiya. Sejak dilengkapi sertifikat halal pada Maret 2012, pengunjungnya makin banyak. Dalam kurun waktu 9 bulan, peningkatannya mencapai 20 persen.

“Jepang harus mengetatkan pengeluarannya karena lambatnya perekonomian. Di sisi lain, pengunjung muslim siap mengeluarkan uang untuk makanan, namun tidak ada tempat untuk mereka. Saya kira ada peluang bisnis yang baik di sini,” kata Roger Diaz, kepala restoran Sumiyakiya seperti dimuat dalam media Japan Times.

Menurut Japan National Tourism Organization, jumlah pengunjung dari Indonesia, negara dengan populasi Muslim tinggi bahkan meningkat dari tahun 2003 hingga 2010. Selain Indonesia, jumlah pengunjung dari Malaysia ke Jepang juga tercatat sangat tinggi. Karenanya, badan halal Jepangpun mendorong para pelaku bisnis untuk memproses sertifikasi halal.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : detik.com

Sumber gambar : detik.com

Leave a Comment

    Twitter JPMI

Komentar Terbaru

  • Admin: Assalamualaikum Wr Wb Bapak bisa mengunjungi situs http://www.kopirolling.web.id/products...
  • Admin: Ibu bisa mengunjungi website http://omahpermen.blogspot.com/...
  • Admin: Alamatnya Dukuh Karangjati RT 04/RW V, Karanggeneng, Boyolali....
  • Admin: Amin......
  • Agung: Semoga cita2 besar Kang Yosa tercapai. Semoga jahe merah ini menjadi identitas untuk Kabup...