Dagadu Djogja Membuktikan kalau Kreativitas Itu Menghasilkan Uang


kreatifitas-ide-Dagadu-DjogjaSiapa yang tak kenal kaos Dagadu. Kaos produksi lokal anak-anak Jogja ini bukan hanya menjadi pilihan oleh-oleh para wisatawan, tetapi juga seolah telah menjadi ikon bagi kota pelajar itu. Siapa yang menyangka bahwa kaos besutan sekelompok anak-anak mahasiswa arsitektur Universitas Gajah Mada dengan modal awal hanya 4 juta rupiah itu telah begitu mendarah daging di bumi Jogja.

Dagadu Djogja merupakan brand produk paling popular mulai dari beberapa tahun sejak berdirinya di tahun 1994. Awal terbentuknya Dagadu Djogja ini hanya memproduksi T-shirt atau kaos khas Jogja saja, karena memang target awal peluncuran Dagadu ini hanya para mahasiswa. Pemikiran para founder waktu itu, yang paling tertarik untuk membeli kaos-kaos unik dan khas kan paling banyak di mahasiswa, mengingat Jogja merupakan kota pelajar yang memiliki banyak sekali jumlah mahasiswa dari seluruh tanah air yang berkumpul di tempat ini.

Namun tanpa diduga, respon dari masyarakat umum yang notabene bukan mahasiswa pun ternyata sangat positif, bahkan jauh melebihi harapan semula. Dari sinilah kemudian dua tahun berikutnya Dagadu diresmikan menjadi sebuah perusahaan dengan bendera PT. Aseli Dagadu. Produk-produk nya pun kemudian berkembang bukan hanya kaos, melainkan juga bernagai merchandise yang bisa dipakai sebagai oleh-oleh para wisatawan juga yaitu; dompet, tas, topi, mug, pin, dan masih banyak lagi.

Keberhasilan dagadu Djogja ini tentu saja bukan didapat dengan hanya membalikkan telapak tangan saja. Perjuangan para founder nya tidak kalah pelik dengan wirausahawan-wirausahawan sejati yang saat ini hanya tinggal menikmati hasil kerja keras mereka. Banyak orang yang mulanya menyangsikan kesuksesan dari produk kaos yang saat ini telah memiliki tiga gerai resmi di Jogja ini. Namun, rahasia sukses kaos dagadu saat ini menjadi hal yang membuat semua orang penasaran. Kenapa sih hanya produk kaos saja bisa meraup kesuksesan yang demikian besar?

Sukses selama lebih dari 17 tahun tentu bukan kesuksesan omong kosong. Pasti ada rahasia di baliknya, tentu saja. Salah satu yang membuat dagadu ini mudah dikenali masyarakat adalah desainnya yang khas Jogja. Saat melihat sebuah kaos bertuliskan Jogja, biasanya orang akan segera berpikir kearah dagadu. Padahal, saat ini produk ini banyak sekali ditiru para pembajak, namun yang mereka kenal tetaplah Dagadu aseli Djogja.

Mengangkat beragam desain dengan kota tempat kaos ini dilahirkan merupakan awal mula kesuksesan kaos dagadu ini. Menginga saat itu belum banyak kaos-kaos sejenis itu, maka kemudian dengan sangat mudahnya produk ini melekat di hati masyarakat.

Inovasi yang tiada henti dari para desainer nya juga merupakan hal yang penting. Segala ide kreatif dikerahkan untuk membuat kaos dagadu tetap eksis dan diminati banyak orang. Tampilan desainnya yang selalu segar dan baru adalah daya tarik tersendiri dari dagadu ini. Bayangkan saja jika mulai dari pada saat peluncuran hingga sekarang produk kaosnya hanya memiliki desain yang sama tanpa ada inovasi. Pastinya, sudah sejak lama dagadi djogja ditinggalkan para pelanggannya.

Yang penting lain yang menjadi rahasia sukses kaos dagadu adalah bahwa dengan kesuksesan yang saat ini sudah diraih, kaos ini tetap memegang teguh prisip untuk tidak di franchise kan.

Alasannya adalah untuk tetap menjaga kualitas dan keaslian produk keluaran kota gudeg ini. Selain itu, pihak dagadu juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan dengan harapan semakin mendekatkan dagadu pada masyarakat Jogja pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan pihak dagadu untuk pendekatan dengan masyarakat diantaranya adalah; raceplorer yaitu bekerjasama dengan para pengguna sepeda di Jogja untuk berpetualang melintasi kota, kumpul bocah yang melibatkan anak-anak menghabiskan akhir pekan dengan kegiatan positif seperti mengajarkan mereka mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai menjadi mainan, pernak-pernik, dan lain sebagainya.

Itulah sebenarnya hal-hal sederhana tetapi inovatif yang dilakukan produsen dagadu untuk membuat kaos khas Jogja tersebut selalu ada di hati para pelanggannya. Hal-hal seperti itulah yang seharusnya ada pada diri anda jika anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses.

 

 

 

 

Sumber berita: ciputraentrepreneurship.com dan redaksi

Sumber gambar: www.petualanganveri.com

Leave a Comment

    Twitter JPMI

Komentar Terbaru

  • erik kusumah: Boleh minta alamat dan no tlp ksu keju boyolali ga?...
  • koko: Maaf, apakah saya bisa minta materi mengenai aspek perpajakan di bidang Perdagangan? Terim...
  • Cinung Ca: Ini brp hrganya...
  • Milkanknit: Perkembangan teknologi ternyata juga bermanfaat untuk inovasi kerajinan terutama kerajinan...
  • Milkanknit: Ternyata ditangan-tangan yang terampil berbagai macam kerajinan dan pakaian....