Saturday : 05:46:26

logo JPMI bali

Kenalan yuuk… sama Bisnis Startup

Redaktur | February 4, 2018 | BERITA JPMI

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan di bidang teknologi informasi khususnya internet, membuat arus informasi bergerak begitu cepat. Hal ini juga berdampak pada perkembangan ekonomi dan bisnis di dunia. Belakangan ini sering kali kita mendengar kata Bisnis startup, entah itu kita ikut seminar, diskusi atau ngobrol santai antar pelaku bisnis ataupun membaca berita-berita ekonomi di surat kabar maupun sosial media yang begitu mendominasi di era Millenial saat ini..

Menurut Wikipedia, Startup mengarah kepada perusahaan – perusahaan yang baru beroperasi. Dimana perusahaan – perusahaan tersebut masih berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Seperti dijelaskan diawal, Bisnis starup ini tidak lepas dari peran internet dan Online. Tidak dapat dipungkiri hampir semua lapisan masyarakat saat ini mengenal yang namanya internet. Bisnis Startup sendiri mulai berkembang pada akhir tahun 90an hingga tahun 2000. Buble dot-com (1998-2000) adalah masa dimana banyak perusahaan dot-com didirikan. Sehingga orang – orang menganggap Bisnis Startup berhubungan dengan buble dot-com karena Startup populer di masa itu.

Berikut adalah karakteristik perusahaan yg termasuk dalam golongan Bisnis Startup:

  1. Perusahaan berusia dibawah 3 tahun
  2. Jumlah pegawai berjumlah 20 orang kebawah
  3. Pendapatan tidak lebih dari $100.000/tahun
  4. Masih dalam tahap berkembang
  5. Biasanya perusahaan yang beroperasi di bidang teknologi
  6. Produk yang dikelola berupa aplikasi dalam bentuk digital
  7. Umumnya beroperasi melalui website

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Tiap tahun bahkan setiap bulan, selalu ada founder/pemilik Bisnis Startup bermunculan. Menurut dailysocial.net, ada 1500 Startup lokal di Indonesia saat ini.Pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet mencapai angka 70 juta orang, bisa diperkirakan beberapa tahun kedepan atau saat ini jumlah internet user akan semakin bertambah. Daya beli masyarakat akibat kenaikan pendapatan per kapita jugan akan sangat mempengaruhi perkembangan industri digital. Adapun beberapa Bisnis Starup di Indonesia saat ini seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Blibli.com dan masih banyak lagi.

Mungkin itu saja ulasan atau perkenalan sama Bisnis starup, terus pantengin update berita terbaru dari Web JPMI, jangan lupa di like & Share ya..

Semangat Pagi..