Saturday : 05:47:42

logo JPMI bali

Pertumbuhan Ekonomi Finansial di Era Digital

Redaktur | January 27, 2018 | BERITA JPMI

Bagaimanakah pertumbuhan ekonomi dunia ke depan yang didominasi perangkat digital penggunaan Platform smartphone. Dimana keadaan eEkonomi dunia saat ini sedang gamang, pertumbuhan perusahaan besar sedang surut, pasar mineral dan minyak mentahpun sedang goyang. Namun disaat bersamaan pula, ekonomi publik sedang menggeliat dan membentuk transaksi-transaksi kelas peer to peer dan teknologi aplikasi memungkinkan untuk memfasilitasi hal tersebut.Kini dunia Internet sudah berkembang begitu pesat hingga dunia perbankan, e-commerce, bahkan industry finansial seperti ansuransi pun ikut bergerak di platform internet.

Bukan Cuma di web kini sudah masuk ke dalam genggaman pelanggan dalam bentuk aplikasi dan smartphone. Aplikasi finansial makin bertumbuh seiring dengan makin tingginya peminat pengunaanya. Mulai dari membuat Anggaran, perhitungan untung-rugi, bunga pinjaman, asuransi, hingga pembayaran digital, tmbuh subur dalam bentuk Aplikasi.Dalam keseharian tentu kita tidak lepas dari yang namanya kegiatan ekonomi, namun tidak semua kita bias paham cara mengelola finansial yang ideal dan baik. Salah satu manfaat dari pengelolaan finansial adalah membuat dan mengatur anggaran (budgeting) yaitu dengan menentukan prioritas dalam pengeluaran keuangan, berapapun jumlah yang kita miliki, kemudian dalam merencanakan dan mengawasi pengeluaran sesuai dengan anggaran yang sudah ditentuka, kita bias lebih mudah memantau aliran keuangan kita.

Beruntunglah kita yang hidup di era dimana semua hal nyaris bias terkoneksi dalam jejaring yang dapat diakses dengan mudah. Termasuk didalam kehidupan finansial kita. Mulai dari mengelola dan memantau pengeluaran, mengecek saldo, mendapatkan informasi keuangan, bahkan hanya untuk sekedar mendapat kupon belanja sekalipun. Rsanya hal ini sudah menjadi keharusan bagi yang sudah hidup sebagai netizen (warga online).Perkembangan dan pertumbuhan ini akan terus terjadi. Persaingan antar bank dan intuisi keuangan pun sudah memasuki babak baru dalam teknologi aplkasi. Bagi beberapa pihak ini merupakan ancama yang nyata, di sisi lain situasi ini adalah peluang yang nyata pula. Tidak sedikit kita menemukan perusahaan teknologi keamanan dan transaksi digital.