Wednesday : 09:55:30

logo JPMI bali

Top10 Tips Menaikkan Omzet

Redaktur | October 4, 2017 | BERITA JPMI

Banyak pemilik bisnis yang ingin mengetahui cara meningkatkan omset penjualan mereka sebanyak mungkin. Baik mereka yang baru saja memulai bisnis atau sudah cukup lama menjalankan bisnisnya.Cara meningkatkan omset penjualan sebenarnya sangat terkait dengan bagaimana setiap pemilik bisnis memanfaatkan / mengoptimalkan semua aset yang dimiliki, untuk meraih hasil yang diinginkan.Tujuan untuk meningkatkan omset penjualan ataupun meningkatkan keuntungan bisnis tidak hanya terkait dengan menarik lebih banyak pelanggan / klien. Ada banyak fakta terjadi bahwa walaupun pelanggan / klien bisnis tidak terlalu banyak, tetapi bisa menghasilkan omset penjualan yang terus meningkat…! Bagaimana caranya..?!

Berikut Beberapa Top10 Tips yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan omzet perusahaan Anda, sehingga anda dapat mengoptimalkan keuntungan serta eksistensi Bisnis anda.

1. Fokuskan waktu Anda pada hal-hal penting
Bagi Anda yang masih pemula dibidang Bisnis, mungkin Anda tidak memiliki cukup waktu tersedia yang dapat meningkatkan kinerja penjualan bisnis Anda, terutama bagi pemilik bisnis yang melayani pelanggan dengan rutin. Dalam hal ini, disarankan untuk mempekerjakan karyawan untuk membantu Anda mengatasi hal tersebut. Menjalankan bisnis butuh banyak pekerjaan lebih penting lainnya, sehingga biarkan karyawan yang menangani rutinitas harian bisnis Anda.Dan, Anda berfokus pada strategi pengembangan bisnis untuk pertumbuhan di masa sekarang dan masa depan, terkhusus pada ide-ide baru tentang penjualan yang dapat meningkatkan omset.Sisihkan setidaknya beberapa jam secara rutin per minggu untuk brainstorming tentang ide-ide, penerapan strategi bisnis serta memelihara relasi bisnis utama.

2.Amati kompetitor bisnis
Melakukan pengamatan terhadap kompetitor sejenis di bisnis yang serupa, terutama bagi yang lebih sukses, bisa dilakukan. Tiru cara sukses mereka. Bukan berarti Anda menyalin semua yang mereka lakukan. Ambil bagian terbaik dari kompetitor bisnis Anda dan modifikasi dan terapkan pada bisnis Anda, terkhusus di bidang penjualan. Amati strategi-strategi penjualan mereka.Cara meningkatkan omset penjualan juga dipengaruhi oleh hal-hal seperti ini. Misalkan, Anda punya bisnis restoran. Periksa layanan, penawaran, dan kompetisi harga.Dengan melakukan sedikit riset pada bisnis kompetitor, Anda bisa dapat mengatur kembali, meningkatkan layanan, menyesuaikan harga yang lebih kompetitif, atau memperkenalkan penawaran baru pada pelanggan Anda. Ini cara meningkatkan omset penjualan yang cukup bagus. Dengan mengetahui sampai sejauh mana langkah kompetitor Anda, dan Anda akan satu langkah lebih maju di depan mereka.

3.Tingkatkan Kwalitas Produk
selain sangat berpengaruh pada intergritas usaha kita, kualias produk juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk kita.Sudah menjadi hal wajib bagi semua usaha untuk selalu mempertahankan kualitas produk mereka. Ini sangat sederhana, namun cukup sulit dilakukan. Jika kualitas sudah jempolan, konsumen pun akan loyal dan terus akan berbelanja di toko Anda. Apalagi jika usaha Anda di bidang makanan. Jadi teruslah menjaga dan meningkatkan kualitas produk Anda. Rasanya tidak masalah sedikit menaikan harga asalkan kualitas produk kita selalu terjaga.

4. Promosi dan Branding
Ini hal penting kedua yang harusnya Anda lakukan jika ingin meningkatkan penjualan. Kekuatan promosi dan branding ini meningkatkan omzet usaha Anda.Tidak harus mahal dan ribet. Lakukanlah promosi dan branding sesuai dengan kemampuan usaha Anda dan bermacam cara.Contoh saja jika Anda memiliki usaha wisata murah, promo travel, dan sejenisnya, Anda bisa berpromosi di social media, bahkan bisa melalui pemasaran digital (digital marketing) untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai target. Contoh lain, jika Anda memiliki usaha kuliner, tidak ada salahnya kamu menggelar promosi diskon di pertengahan bulan agar omzet usaha Anda tetap tinggi di tanggal tua tersebut.

5. Memberikan Layanan Terbaik
Dengan semakin banyaknya pesaing di luar sana, salah satu kunci untuk menang dalam persaingan itu adalah dengan meningkatkan kualitas layanan kita. Taruhlah kita memiliki jenis produk yang sama dengan harga yang hampir sama, maka hal terpenting yang akan menjadi pertimbangan para konsumen tentu saja adalah pelayananya. Pelayanan yang cepat bagi konsumen, ramah memperlakukan pelanggan, hingga menambah fasilitas tambahan seperti koneksi internet gratis di tempat usaha Anda, ini akan membuat pelayanan kepada konsumen bisa memiliki nilai tambah.

6. Strategi Penjualan
Cek kembali apakah ada strategi penjualan yang juga tidak efektif. Bagaimana bisa meningkatkan omset penjualan, jika strategi marketing tidak efektif? Gunakan strategi penjualan yang fresh dalam rangka meningkatkan omset penjualan. Selalu lakukan evaluasi terhadap strategi tersebut, apakah efektif atau tidak.Alih-alih bersaing pada harga, Anda bisa menerapkan strategi penjualan untuk meraih keuntungan tanpa batas.Dengan cara, menekankan pada kualitas yang membuat bisnis Anda lebih menonjol dan membuat posisi baru dalam pasar. Cari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan dan penting bagi pelanggan Anda. Lakukan survei, dan berikan kepada mereka yang diinginkan.

7. Menjalin Komunikasi Pelanggan

Alih-alih fokus mencari pelanggan baru, konsentrasilah pada menjaga dan mempertahankan pelanggan yang sudah Anda miliki!Pastikan mereka selalu senang dengan layanan yang diberikan oleh bisnis Anda. Selalu perhatikan kebutuhan, keluhan, dan keinginan mereka.Ini sangat penting untuk selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda, dan sangat terkait dengan peningkatan omset penjualan serta keuntungan bisnis.Klien yang senang dengan pelayanan yang kita berikan, akan menjadi loyal. Mereka akan membawa klien baru karena tertarik dengan pengalaman positif dari klien loyal tersebut. Ini bisa menurunkan biaya marketing melalui word-of-mouth, dan pastinya akan menambah omset penjualan serta keuntungan bisnis.

8. Lakukan Upsell Produk / Jasa Anda
Lakukan penjualan ekstra merupakan salah satu cara meningkatkan omset penjualan yang bagus. Misalkan, di kasir tempatkan makanan ringan atau majalah, sehingga para pelanggan yang ingin membayar, tertarik juga untuk membeli produk di dekat kasir tersebut. Strategi ini sangat familiar dilakukan oleh resto cepat saji, McDonald yang melakukan penambahan penjualan sebelum penjualan itu selesai dilakukan hanya dengan mengajukan pertanyaan sederhana untuk menambah lebih banyak produk.

9. Tingkatkan iklan Anda
Dalam meningkatkan dan mengembangkan usaha, diperlukan pemasaran yang lebih intensif. Salah satunya dalam usaha tersebut adalah dengan pembukaan outlet baru. Usaha membuka outlet baru sangat dibutuhkan karena kejenuhan pada satu area pemasaran membutuhkan pembukaan area pemasaran baru agar perkembangan dan kemajuan target omzet penjualan dapat dicapai sehingga memungkinan custumer dapat membeli produk anda, yang lokasinya dekat dengan tempat tinggalnya.Tujuan utama dalam menambah outlet yaitu meningkatkan layanan kepada custumer serta menjadikan salah satu caras bisnis dalam rangka meningkatkan jumlah custumer baru di berbagai daerah.

10. Mentoring bisnis

Memiliki seperangkat strategi bisnis baru, merupakan cara meningkatkan omset penjualan lebih lanjut, melalui mentoring bisnis. Ini bisa dilakukan dengan berkumpul bersama dengan pebisnis-pebisnis lainnya sehingga Anda juga mendapatkan inovasi baru dari strategi bisnis Anda.

itulah Top10 Tips menaikkan Omzet Perusahaan.
selamat mencoba dan SEMANGAT PAGI..!