ABOUT US

Mereka yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata, “Betapa banyak kelompok kecil mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah.”

Bismillahhirrahmanirrahim,

Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) adalah sebagai wadah tempat berkumpulnya pengusaha muslim yang memiliki fitrah keinginan untuk menjadi pengusaha yang lebih baik, lebih saleh, lebih taat secara pribadi dan sosial. Tujuan berkumpul di JPMI adalah membuka jalan menuju surga Allah Subhanahu Wata’ala melalui bisnis sebagai wasilah. Dengan demikian omzet bukanlah parameter utama bagi pengusaha JPMI. Di mata JPMI baru, bisnis yang besar hanyalah bonus, bukan tujuan utama.

Pengusaha JPMI adalah pengusaha yang kompeten dan profesional. Tidak hanya mengandalkan wahyu, tapi juga memiliki ra’yu (pendapat ilmiah) yang kuat dalam ikhtiarnya mencapai keberhasilan. Sesuai dengan tujuan utama berkumpul di JPMI, maka platform pengembangan kader dan member JPMI tidak berbasis kuantitas (jumlah member, omzet, aset dan hal lain yang bersifat materiil), tetapi berbasis kualitas sebagaimana disebut pada QS. Al-Baqarah 249.

Maka ketika Thalut membawa bala tentaranya, dia berkata, “Allah akan menguji kamu dengan sebuah sungai. Maka barangsiapa meminum (airnya), dia bukanlah pengikutku. Dan barangsiapa tidak meminumnya, maka dia adalah pengikutku kecuali menciduk seciduk dengan tangan.” Tetapi mereka meminumnya kecuali sebagian kecil di antara mereka. Ketika dia (Thalut) dan orang-orang yang beriman bersamanya menyeberangi sungai itu, mereka berkata, “Kami tidak kuat lagi pada hari ini melawan Jalut dan bala tentaranya.” Mereka yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata, “Betapa banyak kelompok kecil mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah.” Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.

VISI

Menjadi organisasi pengusaha Indonesia yang Islami, profesional dan aktif berkontribusi untuk kemaslahatan umat.

NILAI - NILAI

Nilai-Nilai Organisasi

JPMI merupakan organisasi pengusaha muslim yang memiliki nilai-nilai sebagai berikut:

  1. Character (Karakter), seorang anggota JPMI adalah seorang yang memiliki karakter pribadi yang khas, yaitu :
    • Aqidah dan ibadah
    • Kokoh akhlak dan raga
    • Berwawasan dan berkomitmen
    • Menjaga waktu dan teratur
    • Mandiri dan bermanfaat
  2. Competence (Kompetensi), seorang anggota JPMI sangat percaya wahyu, tapi tidak mengabaikan ra’yu. Komptensi pengusaha JPMI adalah melakukan pembentukan lingkungan bisnisnya yang sehat, tumbuh, dan memiliki karakter bisnis islami yang memberi manfaat kepada semesta.
  3. Care (Peduli), seorang anggota JPMI tidak hanya peduli dalam isu sosial (yang mana ini sudah menjadi kewajiban pribadi muslim). Tetapi juga peduli terhadap isu yang berkembang terkait kemaslahatan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Karena itu, JPMI-an juga terlibat langsung dalam proses pendidikan dan penyadaran masyarakat dalam rangka memperbaiki harkat dan martabat serta manfaat untuk sesama.
  4. Connectedness (Keterkaitan), Ummat Islam, sebagian ummat lain, juga pernah menjadi acuan peradaban dunia. Peran ini menjadi perhatian JPMI sebagai bagian dari ummat Islam. Dengan semangat ukhuwah, JPMI mendorong peran nyata dirinya ke level regional dan internasional.

MISI

  1. Membangun lingkungan pergaulan bisnis, perilaku dan etos kerja yang sesuai dengan nilai-nilai Islami.
  2. Mengembangkan kompetensi pengusaha untuk membangun sistem kerja yang sesuai dengan prinsip usaha Islam Rahmatan lil Aalamiin.
  3. Mendorong peran aktif pengusaha dalam berkontribusi untuk Indonesia.
  4. Mengembangkan jejaring pengusaha Indonesia ke dalam jaringan internasional.

OUR PROPHET SAYS

The Prophet Muhammad (PBUH) was asked what type of earning was best. and he replied "A man's work with his hands and every (lawful) business transaction."

— Al Tirmidhi
 

"Allah will not merciful to those who are not merciful to mankind"

— Sahih Al Bukhari
 

"The best among you are those who have the best manners and the best character"

— Sahih Al Bukhari
 

KAMU INGIN JADI MEMBER JPMI ?